Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran IPS, hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran IPS pada materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kelas VII dan hasil analisis kebutuhan media pada sekolah. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Dari penelitian ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa video pembelajaran untuk peserta didik, pendidik, sekolah serta link youtube. Hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran IPS pada materi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kelas VII menunjukkan komponen kevalidan dan kepraktisan sesuai dengan penilaian ahli media, materi, dan teman sejawat dengan presentase 85%. Hasil analisis kebutuhan media pada sekolah menunjukkan bahwa masih kurangnya media pembelajaran yang efektif sehingga membuat peserta didik memiliki anggapan bahwa mempelajari materi SDA sulit dan juga membosankan. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran IPS, maka diharapkan peserta didik menjadi lebih tertarik dalam mempelajari materi Sumber Daya Alam di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bahwa media video pembelajaran belum pernah digunakan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.