Analisis Penyebab Kesalahan Penulisan Teks Bahasa Indonesia oleh Siswa di Islamic Santitham Foundation School Thailand
pdf

Keywords

Penyebab kesalahan, penulisan teks, bahasa Indonesia, siswa asing

Abstract

Abstrak:

Salah satu tujuan dari program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) adalah mampu menulis teks berbahasa Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penyebab kesalahan dalam menuliskan teks berbahasa Indonesia oleh pemelajar di Islamic Santitham Foundation School Thailand. Penelitian jenis kualitatif deskriptif menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara dalam pengumpulan data. Hasil analisis data menemukan bahwa penyebab kesalahan penulisan teks bahasa Indonesia oleh siswa asing adalah (1) Guru mengalami kesulitan saat menyampaikan materi Bahasa Indonesia, (2) kesulitan saat membedakan pelafalan huruf bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, (3) tidak adanya pembiasaan bagi pemelajar dalam berbahasa Indonesia, dan (4) kosakata yang dimiliki terbatas. Faktor lain ditemukan bahwa penyebabnya adalah faktor lingkungan yang menggunakan komunikasi berbahasa Thailand.

https://doi.org/10.21274/jpbsi.2023.3.2.112-128
pdf

References

Alden, Y. A., Suryanto, E., & Suhita, R. (2019). Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Surat Dinas Desa Batan sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia di SMP. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 7(2), 198-206.

Aljahra, S. A. (2022). Analisis Kealahan Berbahasa pada Teks Deskripsi

Karangan Siswa Kelas VII MTs Madinatunnajah Kecamatan Harjamukti Kabupaten Cirebon. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Anjarwati, L. & A.S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2).

Alwi, H., dkk. (1998). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ari, K. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Arifah, C. N. (2022). Kesalahan Ejaan pada Teks Narasi Siswa SMP Negeri 1 Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2022/2023. Institutional Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta, 3. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/101294.

Ariyadi, A. & A.P. (2020). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks Berita Daring Berjudul Mencari Etika Elite Poitik di Saat Covid-19. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(3), 141-142.

Astuti, S. P., Teti S., & Eli, S. A. (2020). Morfologi pada Penulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 Cimaahi.

Asih, I. R. (2020). Analisis Kesalahan Struktur Teks dan Ejaan pada Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Kedungbetik Kesamben Jombang. Institutional Repository UIN SATU Tuluingagung, 1-25. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18590.

Aulia, N. & N. A. (2020). Analisis Kesalahan Morfologi dalam Artikel Pendidikan Surat Kabar Online di Era New Normal 2020. Jurnal Sasindo Unpam. 8(2).

Daft, R. L. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Eko, S. (2011). Bidang-Bidang Kesalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai B2. Vol 16, No.

Fikram, M. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan yang Disempurnakan pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2).

Giyanti, Afifah, R.N, & Wulandari R.A.D. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran. Vol. 6 No. 1. https://doi.org/10.29407/jbsp.v3i1.12959.

Griffin, M. (2013). Perilaku Organisasi (Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi) (9th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Hidayat, P. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa di Bidang Diksi dalam Buku Panduan UPT Perpustakaan IAIN Surakarta EDISI 2018.

Hilaliyah, H. (2015). Pengaruh Presepsi Mahasiswa atas Bahasa Indonesia dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. II No.

Hudhana, W. D., dkk. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 10 No. 2 Juli 2021. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

Imam, S. (2018). Norma Pedagogis dan Analisis Kebutuhan Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Diksi, 15 (1), pp: 111-119.

Inderasari, E. dan T. A. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. Urnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2)(2017)(p-ISSN 2252-6722 e-ISSN 2503-3476), 6–15. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi.

Jannah, A. N., & Khaerunnisa. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Pemelajar BIPA Level 7 dalam Pembuatan Karya Ilmiah. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2, No.2, Desember, 2022. DOI: 10.21274/jpbsi.2022.2.2.134-142. P-ISSN:2774-485X; E-ISSN: 2747-2701. http://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/jtbi/.

Jazeri, M., Mukhlas, M., Lestari, O. W., & Kamelah, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Melalui Permainan Sosiodrama di Sanggar Kampung Indonesia Tulungagung. DIALEKTIKA : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8 (2). pp. 201-213. ISSN P-ISSN: 2407-506X, E-ISSN: 2502-5201.

Keraf, G. (2009). Tata Bahasa Indonesia. Ende Flores: Nusa Indah.

Kunjana, R. (2006). Dimensi-Dimensi Kebahasaan: Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Jakarta: Erlangga.

Kuryati, S, Masnuatul H. & Hidayati, N. A. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs. Jurnal Pendidikan Edutama.

Lestari, O. W. (2020). Analisis Kesalahan Menulis Teks Deskripsi Siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Skripsi. http://repo.uinsatu.ac.id/16254/.

Lestari, O. W. & Jazeri, M. (2021). Kearifan Lokal sebagai Bahan Ajar Pembelajaran BIPA di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa. 55-63.

________. (2022). Tindak Tutur oleh Pemelajar BIPA di Muslim Santitham Fundation School Thailand: Kajian Pragmatik Bahasa

Antara (Interlanguage Pragmatics). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Makmun, A. . (2001). Psikolog Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maksudin. (2015). Pengembangan Diri dan Pembiasaan dalam Pembelajaran Bahasa. Al-Mahara, Vol. 1, No(P-ISSN: 2477-5827, E-ISSN: 2477-5835).

Mappa, S., Achsin, A. dan Sulo, L. (1984). Teori Belajar Mengajar. Jakarta: Diknas.

Martono. (1990). Kosakata Bahasa Tulang Mamak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mustansyir, R. (1991). Filsafat Bahasa. Aneka Masalah Arti dan Upaya Pemecahannya. Jakarta: Prima Karta.

Mustofa, H., Safitri, L. D., & Yuliyana. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik dalam Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1 No 2, September 2021, pp: 278-289. P-ISSN:2774-485X; E-ISSN: 2747-2701

Nanik, S. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa : Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Ningrum, R. K., dkk. (2007). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, p.726-732.

Nisah, A. (2020). Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Penggunaan Media Film Bisu (Silent Film) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi pada Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54117.

Nopriani, H. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Teks Deskripsi Siswa SMA Negeri 2 Pagaralam. Jurnal BIndo Sastra. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i2.2869.

Nunan, D. (1999). Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle and Heinle Publisher.

Nurtaci, R. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeeri 1 Suranenggala dan Pemanfaatannya sebagai Video Pembelajaran. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

O’Connor, J. D. (1980). Better English Pronunciation (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Parera, J. . (2009). Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.

Putri, R. S. & Mulyono. (2018). Kesalahan Berbahasa pada Karangan Mahasiswa Program BIPA Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA Tahun 2017. Jurnal Bahasa Indonesia. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2018.

Qoyyimah, A. & Sabardila, A. (2021). Bentuk Kesalahan Berbahasa dalam Pidato Mahasiswa yang Memerankan Diri sebagai Bupati Terpilih Kabupaten Blora. Jurnal Literasi. 5(2).

Rafiek, M. (2014). Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan Indonesia: Kenyataan, Tantangan, dan Peluang bagi Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.

Rizqi, H. N. dkk. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan pada Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X SMAN 03 Brebes Tahun Ajaran 2020/2021. Seminar Nasional Literasi VI. 6(1).

Sari, S. W, dkk. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Portal Radar Solo Tema Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1).

Setyaningsih, A. O. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi pada Teks Sinopsis Cerita Karya Siswa Kelas V SD Negeri Menuran 03 Sukoharjo. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. DOI: 10.21274/jpbsi.2023.3.1.71-81. P-ISSN:2774-485X; E-ISSN: 2747-2701. http://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/jtbi/.

Setyoko, A. P. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Pidato Persuasif yang Ditulis Oleh Siswa Kelas IX di SMP Negeri 7 Kota Cirebon dan Pemanfaatannya sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Soedjono. (2003). Kesulitan Belajar dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, PPLPTJ.

Sugihartono. (2007). Model Pembelajaran Inovatif serta Penerapannya pada SD/SMP CI-BI. Semarang: Rajawali.

Syafi'i, B. A. dkk. (2021). Analisis Kesalahan Morfologi dalam Penulisan Makalah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Iain Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 22(1).

Tribana, I. G. K. (2010). Menuju Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar pada Lulusan SMA (Sebuah Analisis Kesalahan Penerapan Kata Baku dalam Karya Esai Siswa SMAN 8 Denpasar).

Yahya, M. & Andayani, K. S. (2018). Studi Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). DIALEKTIKA| P-ISSN:2407-506X|E-ISSN:2502-5201. http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.6295

Downloads

Download data is not yet available.