Abstract
Islamic boarding school contribute significantly to the establishment of national education specifically in the following matters, namely, (1) internalization of norm, (2) wisdom, (3) good behavior/akhlaq al karimah, (4) good morality. In other words, Islamic boarding school affects the way of life in Indonesia. In the context of improving the quality and access toward education, the role of Islamic boarding school must be elevated so that it can develop well as to respond the global era. This is so doing for a purpose of improving the quality of human resource in Indonesia.
References
Akhyak (ed.), Meniti Jalan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Arcaro, Jerome S., Pendidikan Berbasis Mutu, Yosal Iriantara (terj.), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
Arifin, Imron, Kepemimpian Kyai: Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng, Malang: Kalimashada Press, 1992
Azizy, Ahmad Qodri A., Islam dan Permasalahan Sosial: Mencari Jalan Keluar, Yoyakarta: Lkis, 2000
Bafadal, Ibrahim, Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Bawani, Imam, Segi-Segi Pendidikan Islam, Surabaya: Al Ikhlas, 1987
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai, Jakarta: LP3ES, 1981
Direktorat Dikmenum, Panduan Manajemen Sekolah, Jakarta: Depdiknas, 2000
Farchan, Hamdan, dan Syarifuddin, Titik Tengkar Pesantren: Resolusi Konflik Masyarakat Pesantren, Yogyakarta: Pilar Media, 2005
Ghazali, M. Bahri, Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: Prasasti, 2003
Haeri, Fadhalla, Jenjang-Jenjang Sufisme, Ibnu Burdah dan Shohifullah (terj.), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000
Hasan, M. Ali, dan Mukti Ali, Kapita selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2003
Madjid, Nurcholis, Bilik – Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997
Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994
Mastuki dan Abd. Adhim, Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren, Jakarta: Dirjend Bagais Depag RI, 2004
Ministery of National Education, Quality Improvement, Website: http://www.pdd.go.id/ministrey
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005
Nasir, M. Ridwan, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Noer, Deliar, Islam dan Masyarakat, Jakarta: Yayasan Risalah, 2003
Pemerintah RI, Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, Dokumen Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah, (www.puskur.co.id., diakses bulan Maret 2003
Qomar, Mujamil, Pesantren: dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2005
Rahardjo, M. Dawam, (ed.), Pesantren dan Pembaharuan, cet. Ke-5, Jakarta: LP3ES, 1995
Ridla, Muhammad Jawwad, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002
Sallis, Edward, Total quality Management ini Education, Ahmad Ali Riyadi et.al. (terj.), Jogjakarta: IRCiSoD, 2006
Shaleh, Abdul Rachman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004
Soetari, Endang, Pesantren, Solusi Pendidikan Masa Depan, http://www.pikiran rakyat.com/cetak/0902/06/0414.htm, diakses 8 Desember 2005
Steenbrink, Karel A, Pesantren Madrasah Sekolah, Cetakan ke-2, Jakarta: LP3ES, 1994
Suharto, Toto, et.al. (eds.), Rekonstruksi dan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta: Global Pustaka Utama,2005
Sukamto, Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren, Jakarta: LP3ES, 1999
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
Suryobroto, B., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Trimingham, J. Spencer, The Sufi Orders in Islam, London: Oxford University Press, 1971
Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Sebuah Pendekatan Barau dalam Pengelolaan Sekolah untuk Peningkatan Mutu, 1999, Dikmenum Depdikbud, http://www.ssep.net.html
Wahid, Abdurrahman, Menggerakkan Tradisi, Yogyakarta: Lkis, 2001
Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren: Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press, 1997
The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.