ANALISIS DESKRIPTIF PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN IAIN TULUNGAGUNG
PDF

How to Cite

Rafikasari, E., & Rohman, khabibur. (2018). ANALISIS DESKRIPTIF PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN IAIN TULUNGAGUNG. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(1), 105-122. https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.105-122

Abstract

Sebagai perguruan tinggi yang mengalami perkembangan secara signifikan pasca alih status dari STAIN menjadi IAIN, IAIN Tulungagung melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas. Salah satunya adalah peningkatan kualitas perpustakaan. Salah satu parameter keberhasilan layanan perpustakaan adalah intensitas kunjungan dan frekuensi peminjaman koleksi perpustakaan. Penting untuk melakukan analisis terhadap pengunjung perpustakaan sebagai bahan evaluasi perkembangan perpustakaan. Penelitian ini akan menyuguhkan analisis dekkriptif pengunjung perpustakaan IAIN Tulungagung untuk mengetahui fluktuasi jumlah pengunjung secara umum dan berdasarkan jenis keanggotaannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengunjung perpustakaan didominasi oleh anggota dengan jenis keanggotaan mahasiswa dan pascasarjana.

Kata Kunci: Pengunjung, Perpustakaan, IAIN Tulungagung

https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.105-122
PDF

References

Istiana, Purwani, “Pustakawan Berkualitas Tinggi: Urgensi Perpustakaan Perguruan Tinggi sebagai ‘Fountain of Knowledge’”, JIPI: Jurna Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 2 No. 1 (2017)

Kurniawan, Taufiq, “Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Mengembangkan Repositori Kampus”, Pustakaloka, Volume 8 No. 2 (2016)

Luthfi, Mustofa, wawancara, pustakawan iain tulungagung, 12 juni 2018

Mujab, Ahmad Isyarul, dkk. “Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata”, Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 4 No. 2 April (2015)

Puspitasari, Dwi, “Analisis Pengunjung Perpustakaan dan Peminjaman Buku Tercetak pada Perpustakaan Universitas Airlangga”, Jurnal Berkala: Ilmu Perpustakaan dan Informasi, UGM, Vol X Nomer 1 (2014)

Rakib, Fatmawati A., “Kepuasan Pemustaka terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Terapung”, Jurnal Acata Diurna, Unsrat, Vol. 2 No. 4 (2013)

Rismayeti, “Perpustakaan Perguruan Tinggi: Pedoman, Pengelolaan dan standardisasi”, Jurnal Ilmu Budaya, Vol. 9 No. 2 Februari 2013

Rodin, Rhoni, “Urgensi Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi”, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Vol.2/No.1, Juni 2015

Wulandari, Sandra Yuni dan Wahyu Wibowo, “Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Perpustakaan ITS” Jurnal Sains dan Seni, ITS, Vol. 5 No. 2 (2016)

Yuni, dkk., “Peramalan Jumlah Pengunjung Perpustakaan Universitas Pattimura Ambon Menggunakan Metode Dekomposisi”, Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, Vol. 9 No. 1, Maret (2015

Downloads

Download data is not yet available.