UPAYA TERAPIS DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ABK (ANAK LAMBAT BELAJAR/SLOW LEARNING) DI WISHING KIDS KOTA BLITAR
PDF

How to Cite

Khoiriyah, B., & Meilza W, N. (2018). UPAYA TERAPIS DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ABK (ANAK LAMBAT BELAJAR/SLOW LEARNING) DI WISHING KIDS KOTA BLITAR. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(1), 163-184. https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.163-184

Abstract

Keadaan anak yang mengalami gangguan intelektual, gangguan fisik, autistic dan hiperaktif banyak dikeluhkan oleh orang tua, guru, maupun masyarakat. Hal ini karena persepsi sebagian orang tua, guru maupun masyarakat terhadap keberadaan anak-anak tersebut kurang utuh. Terutama anak-anak berkebutuhan khusus sering dipandang parsial, bahwa anak-anak dengan kondisi semacam itu potensinya tidak akan dapat dikembangkan secara optimal. Padahal apabila kondisi atau jenis gangguan yang dialami telah terdiagnosa secara awal, tidak menutup kemungkinan anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Terapis memegang peranan penting dalam membantu peserta didik dalam mewujudkan harapan bangsa tidak hanya pada perkembangan akademik tetapi juga non akademik. Guru sebagai panduan dalam usaha memahami konsep dan pertimbangan dalam menyampaikan ilmu pengetahuan harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, sehingga dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak didik bisa diterima dengan mudah.

Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Akhlak, Terapis.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.163-184
PDF

References

Abdu Aziz Ahyadi, 1988. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila, Bandung: Penerbit C.V. Sinar Baru.

Abu Su’ud, 2003. Islamologi, Sejarah, Ajaran, dan Peranannya dalam Peradaban Umat Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta, Juni

Zakiah Daradjat, et.al., 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Deek Wood, Rn, Bc, Ms, dkk., 2005. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Novan Ardy Wiyani, 2012. Manajemen Pendidikan Karakter, Yogyakarta:

PT Pustaka Insani Madani

Hafi Anshari, Kamus Psichologi. Surabaya: Usaha Nasional

Departemen Pendidikan, 2008. Kamus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

J. P. Chaplin, 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Muhaimin, et.al., 2005. Kawasan dan Wawasan Studi Islam. Jakarta:

Kencana,

Said Hawwa, 2014. Al-Islam. Jakarta: Gema Insani.

Mohammad Takdir Illahi, 2013. Pendidikan Inklusif, Jakarta: Ar-Ruzz

Media,

Edi Purwanta, Modifikasi Perilaku, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

Anggara, B, 2015. Kunci Mendidik dan Mengasuh Anak Disleksia, Yogyakarta: Familia

Wasty Soemanto, 2003. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin

Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Lexy J. Moleong, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iqbal Hasan, 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia

W. Gulo, 2004. Metodologi Penelitian, Jakarta: Grasindo

Ahmad Tanzeh, 2011. Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras.

M. Quraish Shihab, 2013. Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Tematik Atas

Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.

Suharsimi Arikunto, 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta: Bima Karya

Downloads

Download data is not yet available.