Abstract
Keadaan anak yang mengalami gangguan intelektual, gangguan fisik, autistic dan hiperaktif banyak dikeluhkan oleh orang tua, guru, maupun masyarakat. Hal ini karena persepsi sebagian orang tua, guru maupun masyarakat terhadap keberadaan anak-anak tersebut kurang utuh. Terutama anak-anak berkebutuhan khusus sering dipandang parsial, bahwa anak-anak dengan kondisi semacam itu potensinya tidak akan dapat dikembangkan secara optimal. Padahal apabila kondisi atau jenis gangguan yang dialami telah terdiagnosa secara awal, tidak menutup kemungkinan anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Terapis memegang peranan penting dalam membantu peserta didik dalam mewujudkan harapan bangsa tidak hanya pada perkembangan akademik tetapi juga non akademik. Guru sebagai panduan dalam usaha memahami konsep dan pertimbangan dalam menyampaikan ilmu pengetahuan harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, sehingga dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak didik bisa diterima dengan mudah.
Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Akhlak, Terapis.
References
Abdu Aziz Ahyadi, 1988. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila, Bandung: Penerbit C.V. Sinar Baru.
Abu Su’ud, 2003. Islamologi, Sejarah, Ajaran, dan Peranannya dalam Peradaban Umat Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta, Juni
Zakiah Daradjat, et.al., 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Deek Wood, Rn, Bc, Ms, dkk., 2005. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Novan Ardy Wiyani, 2012. Manajemen Pendidikan Karakter, Yogyakarta:
PT Pustaka Insani Madani
Hafi Anshari, Kamus Psichologi. Surabaya: Usaha Nasional
Departemen Pendidikan, 2008. Kamus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
J. P. Chaplin, 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Muhaimin, et.al., 2005. Kawasan dan Wawasan Studi Islam. Jakarta:
Kencana,
Said Hawwa, 2014. Al-Islam. Jakarta: Gema Insani.
Mohammad Takdir Illahi, 2013. Pendidikan Inklusif, Jakarta: Ar-Ruzz
Media,
Edi Purwanta, Modifikasi Perilaku, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Anggara, B, 2015. Kunci Mendidik dan Mengasuh Anak Disleksia, Yogyakarta: Familia
Wasty Soemanto, 2003. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin
Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Lexy J. Moleong, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya.
Iqbal Hasan, 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia
W. Gulo, 2004. Metodologi Penelitian, Jakarta: Grasindo
Ahmad Tanzeh, 2011. Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras.
M. Quraish Shihab, 2013. Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Tematik Atas
Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.
Suharsimi Arikunto, 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: Bima Karya