Abstract
Abstrack
Pemimpin dan kepemimpinan merupakan dua hal yang berbeda, meskipun keduanya hampir tidak bisa dipisahkan. Dalam sebuah lembaga pendidikan, pasti membutuhkan seorang pemimpin. Tapi untuk memajukan lembaga, keberadaan pemimpin saja tidak cukup, melainkan mereka harus memiliki jiwa kepemimpinan. Tidak semua pimpinan memiliki kemampuan dalam memimpin. Banyak pimpinan yang tidak mampu menggerakan bawahannya, tapi bersikap pasif dan hanya mengandalkan ide dan gagasan bawahannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana urgensi kepemimpinan kepala sekolah dalam memajukan lembaganya. Dengan menagmbil objek penelitian di salah satu sekolah, yaitu SMK Islam 2 Durenen, Trenggalek. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah SMK Islam 2 Durenan telah berhasil membawa lembanganya menjadi salah satu sekolah unggul dan berdaya saing nasional.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Strategi, lembaga Pendidikan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Imam Suprayogo, Beberapa Prinsip Dasar Kepemimpinan, Disampaikan Dalam Seminar Program Doktor S3 UIN Malang
Jerome, Pendidikan Berbasis Mutu Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, terj. Yosal Iriantara, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Komariah, Aan dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Mantja, W. Etnografi Desain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan, Malang: Winaka Media, 2003.
T. Hani Handoko, Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 1999
Sulhan, Muwahid. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Bina Ilmu, 2004
Nurkolis, Manajemen berbasis sekolah, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2003
Sallis, Edwar. Manajemen Mutu Pendidikan, terj. Fahrurrozi, Yogyakarta: IRCiSoD, 2006
Sholeh, Munawar. Politik Pendidikan, Jakarta:Grafindo, 2005
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.