ANALISIS IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN PEMBIAYAAN SISTEM MUDHARABAH (BAGI HASIL) PADA MODAL KERJA DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, JAKARTA
PDF

How to Cite

Hirwan, M. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN PEMBIAYAAN SISTEM MUDHARABAH (BAGI HASIL) PADA MODAL KERJA DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, JAKARTA. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 306-321. https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.306-321

Abstract

Abstrak

Persaingan bisnis dalam bidang perbankan semakin kompetitif. Berbagai konsep dimunculkan dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah. Salah satunya konsep perbankan dengan sistem syariah. Konsep perbankan syariah merupakan kegiatan perbankan dengan dasar syariah Islam. Cirinya adalah menolak sistem bunga bank, karena dianggap riba, melainkan dengan sistem bagi hasil atau biasa disebut Al-Mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi pembiayaan sistem mudharabah (bagi hasil) pada modal kerja dan bagaimana hambatan/kendala implementasi pembiayaan sistem mudharabah (bagi hasil) pada modal kerja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), penelitian ini menggunakan konsep kualitatif. Metode pengumpulan data adalah seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data digunakan secara primer dan analisa data menggunakan analisa deskriptif yaitu dengan membuat pernyataan atau kalimat setelah itu membandingkan dengan teori yang sudah ada.

Kata Kunci: Perbankan, Riba, Bagi hasil.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.306-321
PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Hidayati Nasrah, Analisis Akad Mudharabah di Perbankan Syariah. Jurnal Al-Iqtishad, Edisi 11 Volume 1 Tahun 2015

Anan Dwi Saputro dan Moch. Dzulkirom, Sistem perhitungan bagi hasil pembiayaan Mudharabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 21 No. 2, April 2015.

Sri Mulyaningsih dan Iwan Fakhruddin, Pengaruh non performing Financing Pembiayaan Mudharabah dan non performing Financing pembiayaan Musyarakah terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi, Volume XVI, No.1 Januari 2016.

Popon Srisusilawati dan Nanik Eprianti, Penerapan prinsip keadilan dalam Akad Mudharabah di Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Law and Justice Vol. 2 No. 1 April 2017, hal 16.

Adiwarman A. Karim, Bank Islam: Analisis Fiqih dan keuangan, Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2014.

Ismail, Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Zamir Iqbal Abbas Mirakhor, Pengantar Keuangan Islam Teori dan Praktek, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Daud Vicary Abdullah dan Keon Chee, Buku Pintar Keuangan Syariah, Jakarta: Zaman, 2012.

Zamir Iqbal Abbas Mirakhor, Pengantar Keuangan Islam Teori dan Praktek, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Downloads

Download data is not yet available.