ANALISIS KOMUNIKASI CSR PERTAMINA EP CEPU PADA PROGRAM PENGEMBANGAN BUMDESA DI KABUPATEN BOJONEGORO
pdf

How to Cite

Taufiq, A. (2020). ANALISIS KOMUNIKASI CSR PERTAMINA EP CEPU PADA PROGRAM PENGEMBANGAN BUMDESA DI KABUPATEN BOJONEGORO. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 199-226. https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.2.199-226

Abstract

Abstrak

Penelitian komunikasi CSR Pertamina EP Cepu pada program Pengembangan BUMDes di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengacu Teori Komunikasi Lasswell yang mencakup lima indikator. Yakni,  mengenal khalayak, penyusunan pesan, penetapan metode, seleksi dan penggunaan media, serta efek yang diharapkan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan teknik penentuan informan melalui purposive samping. Analisis data mengacu model Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan komunikasi program ke khalayak dijalankan dengan pola

need assesment dan koordinasi. Dalam dimensi komunikator, cara komunikasi program CSR melalui komunikasi kelompok dan komunikasi personal (informal) dengan karakter (kearifan) lokal dengan menggunakan media sinau bareng, ngopi bareng, jagong klobot, dan forum usai Shalat Jumat. Untuk dimensi efek, efektivitas komunikasi melahirkan dukungan dari pemdes dengan menghibahkan TKD dan penyertaan modal.  

Kata Kunci: BUMDes, CSR, Komunikasi, Pengembangan, Program

https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.2.199-226
pdf

Downloads

Download data is not yet available.