PENGARUH HARGA, KEMASAN, KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PADA PRODUK “LE MINERALE”
pdf

Keywords

Harga, Kemasan, Kualitas Produk, Brand Image, Word of Mouth, Minat Beli

How to Cite

Rafikasari, E., & Fauzy, N. (2021). PENGARUH HARGA, KEMASAN, KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PADA PRODUK “LE MINERALE”. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 266-284. https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.2.266-284

Abstract

Perkembangan industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia berkembang pesat. Hal tersebut mengakibatkan adanya persaingan yang ketat antar perusahaan AMDK untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu konsumen AMDK adalah mahasiswa. Mahasiswa juga memiliki pertimbangan tertentu sebelum membeli air minum dalam kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kemasan, kualitas produk, brand image dan word of mouth terhadap minat beli produk AMDK merek Le Minerale secara parsial, simultan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya variabel word of mouth yang berpengaruh terhadap minat beli produk AMDK merek Le Minerale. Harga, kemasan, kualitas produk, brand image dan word of mouth secara simultan berpengaruh terhadap minat beli produk AMDK merek Le Minerale dengan total pengaruh sebesar 57,5%.

https://doi.org/10.21274/dinamika.2020.20.2.266-284
pdf

References

Ar-Rafi, Afif Nashir. 2017. Analisis Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen Ice Cream Merek Aice dengan Studi Kasus pada Masyarakat Umum Khususnya di Wilayah Surakarta. (Surakarta : Skripsi Tidak Diterbitkan)
Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen : Sikap dan Pemasaran. (Yogyakarta : Penerbit Deepublish)
Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. (Yogyakarta : Penerbit Deepublish)
Graha, Gerry Gandara. 2016. Pengaruh Desain Produk dan Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen pada Distro Invictus Bandung. (Bandung : Skripsi Tidak Diterbitkan)
Harahap, Mangara Abdul Khair. 2013. Analisis Pengaruh Brand Image dan Word of Mouth (WOM) terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus pada Mahasiswa Fe UNY). (Yogyakarta : Skripsi Tidak Diterbitkan)
Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut Ke Mulut. (Yogyakarta : Media Pressindo)
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I, Terj. Benyamin Molan. (Jakarta : PT Indeks)
Payadnya, I Putu Ade Andre dan I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Bersama Analisis Statistik dengan SPSS. (Yogyakarta : Penerbit Deepublish)
Powa, Guen Anjelia dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen Handphone pada Mahasiswa FEB UNSRAT, Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 3
Rafikasari, Elok Fitriani. 2019. Analisis Persepsi Mahasiswa tentang Adopsi SiMBA Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung, An-Nisbah : Jurusan Ekonomi Syariah, Vol.05 No.02
Resmi, Nanda dan Tri Wismiasri. 2015. Pengaruh Kemasan dan Harga pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 13 No. 1
Rihanto, Dodo. “Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman Sumbang 6,35% terhadap PDB Nasional” dalam https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01316389/pertumbuhan-industri-makanan-dan-minuman-sumbang-635-terhadap-pdb-nasional diakses pada tanggal 16 Februari 2020 pada pukul 17.04 WIB
Rini, Anissa Sulistyo. “Investasi Industri Air Minum Kemasan Terus Tumbuh” dalam https://ekonomi.bisnis.com/read/20190711/257/1123195/investasi-industri-air-minum-kemasan-terus-tumbuh diakses pada tanggal 16 Februari 2020 pada pukul 17.06 WIB
Rispitawati, Reny. 2019. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kopi Good Day pada Masyarakat di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol. (Tulungagung : Skripsi Tidak Diterbitkan)
Shintya, Nur Eni. 2019. Pengaruh Cira Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Tulungagung. (Tulungagung : Skripsi Tidak Terbitkan)
Simamora, Bilson. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama)
Suryati, Lili. 2015. Manajemen Pemasaran : Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. (Yogyakarta : Penerbit Deepublish)
Umar, Husein. 2015. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama)
Wardani, Hetty Sri. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang. (Semarang : Skripsi Tidak Diterbitkan)
www.leminerale.com diakses pada tanggal 16 Februari 2020 pukul 05 : 06 WIB

Downloads

Download data is not yet available.