Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), responmahasiswa dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah SistemInformasi Akuntansi. Metode yang dilakukan dalam penelitian tindakankelas ini menggunakan pretest-posttest control group design, yang bertujuanuntuk membandingkan dua perlakuan yang berbeda kepada subjekpenelitian dengan menggunakan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi yang bersifat siklus. Hasil penelitian menunjukkanmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkanaktivitas mahasiswa sehingga diskusi tampak lebih hidup dan aktif yangditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar mahasiswa mencapai90,38% pada mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi.Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, PembelajaranKooperatifReferences
Ibrahim, Muslimin, dkk, Pembelajaran Kooperatif, Unesa, University
Press, Surabaya, 2005.
Isjoni, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar
Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.
Kemmis, S. and R McTaggart, Action Research - some ideas from The Action
Research Planner, Third edition, ed. Deakin University, 1988
Mulyasa, E, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Setrategis dan Implementasi.
Bandung. Rosda Karya. 2002.
Slavin, Robert E, Educational Psychology: Theory and Practice, Fourth
Edition, Massachusetts: allyn and Bacon Publishers. 1994.
Arindawati, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
http://sarjanaku.com/2011/03/pembelajaran-kooperatif-tipestad.
html, 2004
Bakti, I. Implementasi STAD pada Pembelajaran Konsep Pupuk dan
Peptisida di SMAN 2 Banjarmasin. Jurnal Kependidikan dan
Kebuda-yaan Vidya Karya ISSN 0215-9619 Tahun XXIII.
Banjarmasin: Univer-sitas Lambung Mangkurat, 2005.