Abstract
Artikel ini mencoba untuk mendeskripsikan hasil pengembangan perangkatpembelajaran kontekstual dengan strategi think talk write (TTW) padamateri kubus dan balok yang baik untuk kelas VIII. Mendeskripsikankeefektifan pembelajaran kontekstual dengan strategi think talk write(TTW) pada materi kubus dan balok untuk kelas VIII denganmenggunakan perangkat yang telah dikembangkan. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan. Model Pengembangan perangkat padapenelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4 D modelyang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design),pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), untuk tahappenyebaran yang dilakukan adalah tahap penyebaran terbatas. Perangkatpembelajaran yang dihasilkan berupa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Penilaian.Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Think Talk Write, Kubus danBalok.References
Amri, Sofan, Pengembangan dan model pembelajaran dalam
kurikulum 2013. Jakarta : PT Prestasi Pustakarya. 2013.
Arends, Richard. 2012 . Learning To Teach . Ninth Edition . Mc-Graw
Hill Companies, Inc..
Fello. E. Susan & Paquette, Kelly R. Talking and Writing in the Classroom,
Hobri, Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian
Pendidikan Matematika). Jember. Pena Salsabila. 2010.
Huinker, De Anne dan Laughlin, Connie. Talk Your Way Into Writing.
Dalam Communication Mathematic: K-12 and Beyond. 1996.
Johnson, Elaine B. Contextual Teaching And Learning. Garut. Rahayasa.
Research And Training. 2002.
Masingila, J.O & Wisniowska. “Developing Assesing Mathematical
Understanding in Calculus through Writing
Nieveen, Design Approaches And Tools In Education And Training,
Nederlands : Kluwer Academy Publisher, 1999.
Nurhadi dkk. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK
Malang : Universitas Negeri Malang. 2004.
Nuhadi & Senduk, A.G, Pembelajaran kontekstual. Malang. PT: Jepe
press Media Utama, 2009.
NCTM. Principle and Standarts for School Mathematics. Reston, Virginia:
The National Council of Teacher of Mathematics, Inc, 2000.
Ni’mah, Khomsatun. Keefektifan model pengajaran langsung dengan strategi
Think Talk Write (TTW) untuk melatih metakognisi pada materi
jajargenjang dan belah ketupat di kelas VII MTs. Darul
Mutaa’allimin Nganjuk. Surabaya: PPS UNESA, 2010.