HEGEMONI KEKUASAAN ANTONIO GRAMSCI DALAM CERPEN “SHARAHKH AL-QUBUR” KARYA KAHLIL GIBRAN
PDF

Keywords

hegemoni gramsci
sharahkh al-qubur
kahlil gibran

How to Cite

Junaidi, M. (2021). HEGEMONI KEKUASAAN ANTONIO GRAMSCI DALAM CERPEN “SHARAHKH AL-QUBUR” KARYA KAHLIL GIBRAN. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 13(1), 1-25. https://doi.org/10.21274/ls.2021.13.1.1-25

Abstract

Cerpen Sharahkh al-Qubur dalam antologi  Al-arwah Al-mutamarridhah mengandung suatu hegemoni yang dilakukan oleh suatu pihak elit politis, terhadap beberapa kelompok yang didominasi. Hegemoni tersebut lebih dipengaruhi oleh ideologi-ideologi kaum penguasa di tengah-tengah masyarakat saat itu, sehingga cerpen ini membutuhkan pisau analisis hegemoni kekuasaan Antonio Gramsci untuk membedah isi dan kandungan yang menonjolkan sisi-sisi hegemoni yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bentuk ideologi-ideologi tersebut beserta penjelasan terkait pengaruhnya pada kehidupan sosial masyarakat yang secara tidak sadar dikurung dalam hegemoni yang dibuat oleh kelompok penguasa. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan dengan objek cerpen Sharahkh al-Qubur dalam antologi  Al-arwah Al-mutamarridhah. Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknis analisis isi model aliran Miles dan Hubermen dengan beberapa langkah, diantaranya tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen tersebut mengandung hegemoni integral atau menyeluruh berupa masyarakat yang terbawa ideologi penguasa membuat masyarakat masuk dalam politik dan dengan sendirinya akan memihak kepada keputusan sang raja, selain juga rajanya dikenal dengan tegas dan adil menegakkan supremasi aturan. Kedua, hegemoni decadent atau merosot berupa masyarakat seakan telah mengalami potensi disintegrasi dan  masih mempertanyakan kemungkinan yang benar terjadi atau tidaknya terhadap kejadian seorang lelaki tua mencuri tepung hidangan suci yang terjadi saat keluarganya dalam keadaan kelaparan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hegemoni yang mendominasi dari ketiga hegemoni Gramsci yaitu hegemoni integral.

https://doi.org/10.21274/ls.2021.13.1.1-25
PDF

References

Antonio Gramsci. (2013). Prison Notebooks. Pustaka Pelajar.

Endah Siswati. (2017). Anatomi Teori Hegemoni Antonio Gramsci. Translitera.

Fajrul Falah. (2020). Kepercayaan dan Hegemoni dalam Cerpen “Dukun Yang Selamat” Karya Joni Hendri. Nusa, 15.

Faruq. (2010). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.

Hary Sulistyo. (2018). Representasi Konflik Politik 1965 : Hegemoni dan Dominasi Negara dalam Cerpen Susuk Kekebalan Karya Han Gagas. Poetika, 6. ]https://id.wikipedia.org/wiki/Hegemoni. (n.d.). https://id.wikipedia.org/wiki/Hegemoni.

Intan Suri. (2020). Menyelisik Hegemoni Budaya Barat dalam Novel Noruwei no Moci Karya Haruki Murakami. Ayumi, 7.

Joseph Peter Ghougassian diterj. Ahmad Baidhawi. (2000). Sayap-sayap Pemikiran Khalil Gibran. Fajar Pustaka Baru.

Laila Fariha Zein, Dadang Sunendar, T. I. H. (2019). Hegemoni dalam Novel Memoires D’Hadrien Karya Marguerite Yourcenar. Jentera, 8.

Mahadi Dwi Hatmoko, Sumartini, dan M. (2014). Hegemoni Moral Nyai Kartareja Terhadap Srintil dalam Novel Jantera Bianglala Karya Ahmad Tohari : Kajian Hegemoni Gramsci. Jurnal Sastra Indonesia, 3.

Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Rajawali Press.

Muhammad Faruqi Abdurrasyid. (2017). an-Naqdu al-Ijtimaiyyu fi al-Qissoh al-Qasirah Shurah al-Qubur li Jibran Khalil Jibran : Dirasah Tahliliyah Ijtimaiyyah Adabiyyah li Alan Swingwood.

Nezar Patria dan Andi Arief. (2015). Antonio Gramsci Negara & Hegemoni. Pustaka Pelajar.

Nyoman Kutha Ratna. (2015). Teori, Metode, dan Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.

Ramadhani, B. (2015). “Al Qisat Al Qasirah “Khalil Kafir” Fi Majmu’at Al Qisah" Al Arwah Al Mutamaridah" Li Gibran Khalil Gibran: Dirasah Tahliliyyah Haymanah Li Antonio Gramsci” Lijibran Khalil Jibran: (Kajian Analisis Sosiologi Sastra).”. UIN Sunan Kalijaga.

Roger Simon. (2004). Gagasan-gagasan Politik Gramsci. Insist bekerjasama dengan Pustaka Belajar.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Penerbit Pustaka Pelajar.

Siti Aishah. (2004). Al-Adil Lathu fi Qissat Shurah al-Qubur li Jibran Khalil Jibran (Dirasah Hermenikiyyah).

Strinati, D. (2010). Popular Culture : Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Ar-Ruzz Media.

Syahrotul Latifah dan Candra Rahma Wijaya Putra. (2020). Representasi Hegemoni Kekuasaan pada Zaman Kolonial dan Orde Baru dalam Novel Balada Putri. Leksema, 5.

Wahjono, S. I. (2010). Perilaku Organisasi. Graha Ilmu. الطاهر, ع. ج. (1987). ، منهج البحث الأدبي،. مطبعة الديواني.

جبران خليل جبران. (1913). الأرواح االمتمردة. دار العرب.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.