ANALISIS POTENSI OBYEK WISATA PANTAI DENGAN KONSEP HALAL BEACH TOURISM DI KOTA DENPASAR
Download Article (PDF)

Keywords

Kota Denpasar
Halal Beach Tourism
Obyek Wisata Pantai
SWOT

How to Cite

Safitri, L., Mukaromah, S., & Habib, M. (2021). ANALISIS POTENSI OBYEK WISATA PANTAI DENGAN KONSEP HALAL BEACH TOURISM DI KOTA DENPASAR. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 143-156. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4814

Abstract

Abstrak: Kota Denpasar merupakan salah satu kota di Pulau Bali yang memiliki wisata pantai kawasan tropis Asia Tenggara dengan banyak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Salah satu objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan asing saat berkunjung ke Kota Denpasar adalah pantai. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis seberapa besar potensi wilayah pantai di Kota Denpasar dapat menerapkan konsep halal beach tourism dengan analisis strategi menggunakan matriks SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan interview, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan matriks EFAS dan IFAS melalui strategi analisis SWOT. Hasilnya menunjukkan bahwa matriks strategi analisis SWOT dengan koordinat +0,691 (internal) dan +0,559 (eksternal) berupa diagram I yang artinya mendukung pertumbuhan halal beach tourism dengan menggunakan peluang (O) dan kekuatan (S) atau strategi SO.

Kata Kunci: Kota Denpasar; Halal Beach Tourism; Obyek Wisata Pantai; SWOT.

 

Abstract: Denpasar is one of the cities on the island of Bali which has beach tourism in the tropical Southeast Asia region which has many domestic and foreign tourist visits. One of the tourist attractions that are often visited by foreign tourists when visiting Denpasar is the beach. This study aims to analyze how big the potential of coastal areas in Denpasar can be to apply the concept of halal beach tourism with strategy analysis using the SWOT matrix. This study uses a qualitative approach. Data were collected using interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis using EFAS and IFAS matrices through a SWOT analysis strategy. The results show that the SWOT analysis strategy matrix with coordinates +0.691 (internal) and +0.559 (external) is in the form of diagram I, which means that it supports the growth of halal beach tourism by using opportunities (O) and strengths (S) or SO strategies.

Keywords: Denpasar; Halal Beach Tourism; Tourist Attractions; SWOT.

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4814
Download Article (PDF)

References

BPS. (2018, Januari 2). Data Sensus Badan Pusat Statistik Bali. Retrieved Agustus 22, 2021, from Badan Pusat Statistik Bali: https://bali.bps.go.id/pressrelease/2018/01/02/717015/wisman-ke-bali-november-2017-mencapai-361-006-kunjungan-.html

BPS. (2019, Januari 3). Data Sensus Badan Pusat Statistik Bali. Retrieved Agustus 22, 2021, from Badan Pusat Statistik Bali: https://bali.bps.go.id/pressrelease/2019/01/03/717252/407-213-wisman-datang-ke-bali-pada-november-2018.html

BPS Provinsi Bali. (2021, Januari 28). Banyaknya Wisatawan Domestik ke Bali 2004-2020. from BPS Provinsi Bali: Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (bps.go.id)

Dyson, R. G. (2004). Strategic development and SWOT analysis at the University of Warwick. European Journal of Operational Research, 152(3), 631-640. https://doi.org/10.1016/S0377-2217(03)00062-6

Eko, N. (2002). Dibalik Sejarah Perekonomian Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Global Muslim Travel Index (GMTI), 2016.

Habib, M. A. (2015, Februari). Pergeseran nilai dan dukungan sosial keluarga pada orang tua lanjut usia (studi kasus pada lansia miskin di kabupaten blitar). Komunitas, IV(2), 1-10. Dipetik Desember 21, 2020, dari http://journal.unair.ac.id/Kmnts@pergeseran-nilai-dan-dukungan-sosial-keluarga-pada-orang-tua-lanjut-usia-(studi-kasus-pada-lansia-miskin-di-kabupaten-blitar)-article-9593-media-135-category-8.html

Habib, M. A., & Mahyuddin. (2021). Evaluasi Pengelolaan Teknologi TPS 3R di Desa Wisata Religi Gunungpring Kabupaten Magelang. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, I(1), 1-34. doi:10.21274

Hakim, L., Kim, J. E., & Hong, S. K. (2009). Cultural Landscape and Ecotourism in Bali Island, Indonesia. Journal of Ecology and Environment, 32(1), 1-8. https://doi.org/10.5141/jefb.2009.32.1.001

Kemenparekraf. (2021, Agustus 14). Kemenparekraf. Retrieved 14 Agustus 2021, from Kemenparekraf: Potensi Pengembangan Wisata Halal di Indonesia (kemenparekraf.go.id).

Kominfo. (2019, April 18). Kominfo. Retrieved Agustus 22, 2021, from Kominfo: https://kominfo.go.id/content/detail/18069/5-tahun-kembangkan-pariwisata-halal-indonesia-akhirnya-raih-peringkat-pertama-wisata-halal-dunia-2019/0/artikel_gpr

Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS Dan EFAS. Jurnal Al Tijarah, 5(2), 93–103. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah/article/view/3706

Kusnandar, V. B. (2021). Persentase Pemeluk Agama/Kepercayaan di Indonesia (Juni 2020). Retrieved 30 September 2021, from katadata: Sebanyak 86,88% Penduduk Indonesia Beragama Islam | Databoks (katadata.co.id)

Landra, I. K. (2018). Bisnis Pariwisata. Bali: CV. Noah Aletheia.

Lubis, M. Z. (2018). Prospek Destinasi Wisata Halal Berbasis Ovop (One Village One Product). Maqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 31-47

Mukaffi, Z., Alim, S., Choiruddin, M. N. (2020). Development strategy of syariah beach tourism in Banyuwangi, East Java. Media bina ilmiah,15(2), 4023-4030.

Namugenyi, C., Nimmagadda, S. L., & Reiners, T. (2019). Design of a SWOT analysis model and its evaluation in diverse digital business ecosystem contexts. Procedia Computer Science, 159, 1145–1154. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.283

Nasution, S. (1999). Metode Penelitian Naturalistik Kuantitatif. Bandung: Tarsito

Nugraha, Y. M. (2018). Analisis Potensi Promosi Pariwisata Halal Melalui E-. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 3(2), 63–68.

Ratnasari, R. T., Gunawan, S., Mawardi, I., & Kirana, K. C. (2021). Emotional experience on behavioral intention for halal tourism. Journal of Islamic Marketing, 12(4), 864-881. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2019-0256

Sayekti, N. W. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. Kajian Pusat Penelitian, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik Setjen DPR RI, 24(3), 159–172. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/1866

Smith, R. A. (1992). Review of integrated beach resort development in Southeast Asia. Land Use Policy, 9(3), 209-218. https://doi.org/10.1016/0264-8377(92)90044-W

Spillane, J. J. (2001). Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius

Surur, F. (2020). Wisata Halal; Konsep dan Aplikasi. Gowa: Alauddin University Press

Tambunan, R. J., & Agushinta R, D. (2020). Analisis Strategi Bisnis Pt. Tolu Dengan Pendekatan Bmc Menggunakan Metode Efas, Ifas Dan Swot. Sistemasi, 9(3), 435. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.774

Wandhini, A. F., Dayanti, A. D., Nafiah, L., & Iskandar. (2019). Halal Tourism In Bali: Pengaruh Dan Tantangan Mengembangkan Wisata Halal Di Bali. Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 1–21.

Wardoyo, P. (2011). Enam Alat Analisis Manajemen. Semarang: Semarang University Press.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.