PENGUATAN EKONOMI LOKAL PASCA-COVID-19
Download Article (PDF)

Keywords

Branding
Makam
Sidoarjo
Strategi
Wisata Religi

How to Cite

Pujianto, W., Robbani, M., & Rahmahdiyyah, T. (2022). PENGUATAN EKONOMI LOKAL PASCA-COVID-19. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 2(2), 92-105. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v2i2.5889

Abstract

Abstrak: Kabupaten Sidoarjo memiliki banyak embrio destinasi wisata religi yang dapat dikembangkan melalui strategi branding, sehingga menguatkan perekonomian lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi branding yang dapat diterapkan pada embrio destinasi wisata religi Makam Mbah Sayyid Wali Punden dan Makam Dewi Sekardadu. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu pemerintah desa, pokdarwis, masyarakat, pengunjung dan pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa embrio destinasi wisata religi Makam Mbah Sayyid Wali Punden dan Makam Dewi Sekardadu memiliki brand positioning yang berkaitan dengan unsur atribut, yakni keunikan lokasi Makam yang berada di sekitar vegetasi mangrove dan tambak ikan. Sementara dari sisi brand identity, keduanya memiliki unsur ‘Kisah Merek’ yang dapat digunakan sebagai image positif kedua destinasi religi tersebut. Dengan begitu dapat diupayakan branding dengan mengadopsi model Jason Miletsky yang menyebutkan bahwa kesuksesan sebuah brand sangat dipengaruhi oleh ciri khas (keunikan), image, personality maupun potensi sekitar.

Kata Kunci: Branding; Makam; Sidoarjo; Strategi; Wisata Religi

 

Abstract: Sidoarjo Regency has many embryos of religious tourism destinations that can be developed through a branding strategy, thereby strengthening the local economy. This study aims to identify and analyze branding strategies that can be applied to the embryos of religious tourism destinations of the Tomb of Mbah Sayyid Wali Punden and the Tomb of Dewi Sekardadu. The research was conducted with a qualitative approach which was analyzed descriptively. The informants in this study were the village government, the Pokdarwis tourism awareness group, the community, visitors and observers. The results showed that the embryos of religious tourism destinations Mbah Sayyid Wali Punden and Dewi Sekardadu's Tomb have brand positioning related to attribute elements, namely the uniqueness of the location of the tomb which is around mangrove vegetation and fish ponds. Meanwhile, in terms of brand identity, both have an element of 'Brand Story' which can be used as a positive image for the two religious destinations. That way, branding can be pursued by adopting the Jason Miletsky model which states that the success of a brand is strongly influenced by the characteristics (uniqueness), image, personality and potential around.

Keywords: Branding; Tomb; Sidoarjo; Strategy; Religious Tourism

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v2i2.5889
Download Article (PDF)

References

Andari, B., & Suprayitno, H. (2020). The Branding Strategy of Tanjungsari Batok Tourism Village in Blitar City as a Tourist Destination. JARES, 29-47.

Anholt. (2007). Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities, and Regions. New York: Palgrave Macmillan.

Asnawi, A. (2021). Destination Images: Antecedents of City Marketing, Tourism Event, and Social Media Marketing Concept. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 171-186.

Astuti, M. T. (2020). Branding Strategy for Tourism Destination in Semarang City. ICoSMR, 1-20.

Baker, B. (2012). Tourism Destination Branding for Small Citiez. USA: Creative Leap Books.

Balakrishnan, M. S. (2009). Strategic Branding of Destinations: A Framework. European Journal of Marketing, 611-629.

Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Prenada Media Grroup.

Chauhan, A., Kaur, A., & Medury, Y. (2014). Destination Branding and Architecture: Review and Critique. Twelfth AIMS International Conference on Management, 201-213.

Cohen. (1984). The Impact of Tourism on The Physical Environment. Annals of Tourism Research, 215-237.

Creswell, J. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Firmansyah, Y. K., & Kresnawati, M. (2022). Desain Pengembangan Prasarana Guna Menunjang Digital Branding Wisata Pesisir (Studi Kasus: Desa Kalanganyar, Sidoarjo, Jawa Timur). Jurnal Desain, 174-187.

Gelder, S. (2005). Global Brand Strategy. London: Kogan Page.

Gobel, Y. P. (2020). Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 Dengan Mengkombinasikan Model Filantropi Islam Dan Ndeas Model. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 209-223.

Habib, M. A., & Mahyuddin. (2021). Evaluasi Pengelolaan Teknologi TPS 3R di Desa Wisata Religi Gunungpring Kabupaten Magelang. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, I(1), 1-34. doi:10.21274

Habib, M. A., Usrah, C. R., Fatkhullah, M., Nisa, K. K., & Budita, A. K. (2021). Eksploitasi Pekerja pada Industri Batik Rumahan. Empati: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, VII(9), 150-157. doi:10.18178

Hall, C., Scott, D., & Gössling, S. (2020). Pandemics, transformations and tourism: be careful what you wish for. Tourism Geographies, 1-22.

Hamzah, M., Febrianto, A., Yakin, A., Nurbayah, S., & Riyantoro, S. (2022). Penguatan Ekonomi Pesantren Melalui Digitalisasi Unit Usaha Pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1040-1047.

Harahap, W. A., Silalahi, P., & Tambunan, K. (2022). Dampak Keberadaan Parawisata Religi Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat Besilam Kabupaten Langkat. JIKEM (Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen), 91-101.

Hermawan, H. (2016). Dampak pengembangan Desa Wisata Nglanggeran terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 105-117.

Jin, J. (2017). Research on Brand Marketing of Tourist Destination in China. Advances in Economics, Business and Management Research, 529-532.

Kavaratzis, A. (2008). City Branding: An Effective Assertion on Identity or a transitory marketing trick? Oxford: Blackwell Publishing Ltd.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian (Edisi Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Maulida, D. (2018). Tourism Destination Branding: Analisis Strategi Branding Wisata Halal “The Light Of Aceh”. JIM, 1-16.

Mawa, C. (2020, November 28). Map.Net. Dipetik Mei 16, 2022, dari map.net.id: https://mapsus.net/ID/makam-dewi-sekardadu-2646662

Miletsky, J. (2010). Principles of Internet Marketing: New Tools and Methods for Web Developer. New Jersey: Pearsons Inc.

Modjo, M. I. (2020). Memetakan Jalan Penguatan Ekonomi Pasca Pandemi. The Indonesian Journal of Development Planning, 103-116.

Moleong, L. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandug: PT Remaja Rosdakarya offset.

Prihantoro, M. F. (2016). Dampak Pariwisata Religi Kawasan Masjid Sunan Kudus,Terhadap Ekonomi,Lingkungan, dan sosial Budaya. Yogyakarta: UGM Press.

Putri, A. A. (2021). Strategi Branding Pariwisata Bengkulu Oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu. Jurnal Profesional FIS UNIVED, 30-36.

Ridwan, M. (2012). Perencanaan Pengembangan Pariwisata. Medan: PT. Softmedia.

Salmon, I. P., Ismail, Pujianto, W., & Nadyah, F. (2020). Embrio Destinasi Wisata Religi Baru: Identifikasi Komponen 3A Berbasis Wisata Ziarah Desa Balun, Lamongan. Jurnal Ilmiah Syiar, 33-45.

Suparno. (2020, Agustus 22). Detik. Dipetik Mei 16, 2022, dari Detiknews.com: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5142108/makam-dewi-sekardadu-wisata-religi-di-sidoarjo-yang-sepi-saat-long-weekend

Suprihardjo, D. I. (2016). Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Ampel sebagai Potensi Pariwisata Religi Di Surabaya. Jurnal Penataan Ruang, 30-38.

Suryani, Y., & Kumala, V. (2021). Magnet Wisata Religi Sebagai Perkembangan Ekonomi Masyarakat Di Kurai Taji Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 95-102.

Vianti, O., Kagungan, D., & Yulianti, D. (2021). Strategi Media Branding Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Sebagai Destinasi Wisata Internasional. AdministrativA, 103-110.

Wahid, W. N. (2017). Strategi Pemasaran Pariwisata Melalui City Branding Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lumajang. JOMS, 1-9.

Wahyuni, Y., Isnaini, & Wahyuni, Y. (2021). Penguatan Ekonomi Pedagang Souvenir pada Masa Pandemi Covid-19 di Kawasan Pantai Carocok Painan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5873-5881.

Yuristiadhi, G., & Sari, S. (2017). Strategi Branding Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. ETTISAL: Journal of Communication, 31-41.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.