Konsep Model Sociopreneur Sudut Lombok Untuk Mendukung Pariwisata Halal Berkelanjutan di Nusa Tenggara Barat
Download Article (PDF)

Keywords

Halal Tourism
Sudut Lombok
Sociopreneur

How to Cite

Syihabudin, M., Haidar, A., & Herindar, E. (2022). Konsep Model Sociopreneur Sudut Lombok Untuk Mendukung Pariwisata Halal Berkelanjutan di Nusa Tenggara Barat. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 2(2), 122-139. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v2i2.5904

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Konsep Model Sociopreneur Sudut Lombok untuk mendukung pariwisata halal berkelanjutan di Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan adalah studi kasus terhadap sebuah Komunitas Sociopreneur (Sudut Lombok). Dengan melakukan indepth interview, penulis mendapati bahwa Sudut Lombok menawarkan konsep Responsible Tourism dan Ekowisata, serta didukung dengan sejumlah jasa yang dikerjasamakan dengan masyarakat sekitar. Selain itu,  Sudut Lombok juga memiliki sejumlah program sosial, dimana sebagian keuntungan dari sektor bisnis minimal 25% dari keuntungan bersih investor akan dialokasikan pada kegiatan sosial, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lombok Timur. Model bisnis ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pengembangan Sustainable Halal Tourism di tempat lain, sehingga dapat mendorong perkembangan wisata halal Indonesia yang manfaatnya dapat juga dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Kata Kunci: Halal Tourism; Sudut Lombok; Sociopreneur

 

Abstract: This study analyzes the Sociopreneur Model that can support national economic recovery through Sustainable Halal Tourism. The method used is a case study of a Sociopreneur Community (Lombok Corner). By conducting in-depth interviews, the author found that Lombok Corner offers the concept of Responsible Tourism and Ecotourism and is supported by several services collaborating with the surrounding community. In addition, Corner Lombok also has several social programs, where a portion of the profits from the business sector, at least 25% of the net profits of investors, will be allocated to social activities to improve the welfare of the people of East Lombok. This business model is expected to be an example for the development of Sustainable Halal Tourism in other places to encourage the development of Indonesian halal tourism, whose benefits can also be felt by the surrounding community.

Keywords: Halal Tourism; Sudut Lombok; Sociopreneur

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v2i2.5904
Download Article (PDF)

References

Al-Qhardhawi, Y. (2018). Al-Halal wa al-Haram fi al-Islam. Bayrut: Maktabah al-Islami. Angka Kemiskinan di Lombok Timur Tinggi. https://apii-halaltourism.com

Axioma. D dan Ardiwijaya. R. (2005). Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan: Sebuah Telaah Kebijakan. Jurnal UPH, Vol. 8 No. 1, April.

Batlour, M, dan Ismail, MN. (2016). Halal Tourism: Concepts, Practises, Challenges and Future. Jurnal Toirism Management Perspective, 19: 150-154.

Battour, M., Ismail, M. N., & Battor, M. (2010). Toword Halal Tourism Market. Tourism Anaylsis, 461 - 470.

Bhuiyan, MAH., Siwar, C., Islamail, SM, dan Islam, R. (2015). Potentials of Islamic Tourism: A Case Study of Malaysia on East Coast Economic Region. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 1333- 1340.

BPS. (2010). Badan Pusat Statistik. Diambil kembali dari Biro Pusat Statistik: http://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=321

Departemen Agama RI. (2003). Petunjuk Teknis Pedoman Sistem Produksi Halal. Jakarta: Badan Proyek Sarana dan Prasarana Produk Halal. Diambil kembali dari Badan Proyek Sarana dan Prasarana Produk Halal.

El-Gohary, H. (2016). Halal Tourism, is it Really Halal?. Tourism Management Perspevtive, 19: 124-130.

Fitriani. E. (2017). Pariwisata Sumbang PDB Terbesar. Diambil kembali dari https://id.beritasatu.com/home/2019-pariwisata- sumbang-pdb-terbesar/162269

Fatwa Dewan Syari'ah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). (2022). Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syari'ah. Jakarta: DSN-MUI.

Gamal Albinsaid, G. M. (2018). Modul Pembinaan Putra Daerah Membangun. Jakarta Selatan: Rumah Kepemimpinan.

Global Muslim Travel Index (GMTI). (2016). Master Card and Crescent Rating. Diambil kembali dari http://www.crescentrating.com/reports/mastercard-crescentrating global-muslim-travel-index-gmti-2016.html

Hamdan, H., Issa, Z. M., Abu, N, dan Jusoff, K. (2013). Purchasing Decisions Among Muslim Counsumers of Processed Halal Food Products. Journal of Food Products Marketing, 19: 54-61.

Jaelani, Aan. (2017). Industri Wisata Halal di Indonesia: Potensi dan Prospek. Jurnal Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Rahman, R. A., Rezei, G., Mohamed, Z., Shamsudin, M. N., & Sharifuddin, J. (2013). Malaysia as Global Halal hub: OIC Food Manufacturers Perspective. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 25:154-166.

Safitri, L. N., Mukaromah, S. M., & Habib, M. A. (2021). Analisis Potensi Obyek Wisata Pantai dengan Konsep Halal Beach Tourism di Kota Denpasar. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 167-180.

Samori, Z., M., Shalleh N. Z., & Kholid, M. M. (2016). Current Trends on Halal Tourism:Cases in Selected Asian Countries. Tourism Management Perspective, 19: 131-136.

Sudut Lombok. (2017, 5). Diambil kembali dari https://www.sudutlombok.com

UU RI No. 10 Tahun. (2009). Kepariwisataan.

Widagdyo, Kurniawan Gilang. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Halal di Indonesia. The Journal of Tauhidinomics, Vol. 1 No. 1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.