MANAJEMEN PARIWISATA HALAL
Download Article (PDF)

Keywords

Pariwisata Halal
Manajemen
Bibliometrik
VOSviewer

How to Cite

Qital, S., Sunarya, S., & Rusydiana, A. (2022). MANAJEMEN PARIWISATA HALAL. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 2(2), 140-157. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v2i2.5919

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memetakan penelitian terkait pengembangan riset Manajemen Pariwisata Halal. Analisis difokuskan pada menggambarkan karakteristik dan tren kata kunci, penulis, dan jurnal. Data yang dianalisis adalah 191 publikasi penelitian dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer. Penelitian dengan tema Manajemen Pariwisata Halal telah meningkat setiap tahun. institusi paling terkenal adalah Department of Management, Marketing and Entrepreneurship University of Canterbury, dan penulis terbanyak yaitu Al-ansi A, dan Prayag G. Negara Indonesia menerbitkan makalah bertema Manajemen wisata halal terbanyak dibandingkan dengan negara lain. Sementara itu, kata kunci yang digunakan dalam penelitian ini sering muncul lebih dulu, yaitu "Halal Tourism". Kemudian di tempat kedua, ada "Halal" dan kata ketiga adalah "Tourism". Penelitian ini memberikan informasi bagi peneliti yang berfokus pada penelitian di bidang Pariwisata Halal. Pada akhirnya, topik ini memiliki potensi untuk berkembang.

Kata Kunci: Pariwisata Halal; Manajemen; Bibliometrik; VOSviewer

 

Abstract: This research aims to find out and map research related to the development of Halal Tourism Management research. The analysis focused on describing the characteristics and trends of the keywords, authors, and journals. The data analyzed were 191 research publications using descriptive statistical methods and bibliometric analysis using VOSviewer. Research on the theme of Halal Tourism Management has increased every year. The most famous institutions are the Department of Management, Marketing and Entrepreneurship of the University of Canterbury, and the most prominent authors are Al-ansi A, and Prayag G. Negara Indonesia publishes papers themed on Halal tourism management the most compared to other countries. Meanwhile, the keywords used in this study often appear first, namely "Halal Tourism". Then in the second place, there is "Halal" and the third word is "Tourism". This research provides information for researchers who focus on research in the field of Halal Tourism. In the end, this topic has the potential to develop.

Keywords: Halal Tourism; Manajemen; Bibliometrik; VOSviewer

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v2i2.5919
Download Article (PDF)

References

Aisyiyah, I. N. (2021). Pariwisata Halal Sebagai Instrumen Diplomasi Publik Jepang Untuk Menarik Wisatawan Muslim Malaysia Ke Jepang Tahun 2013-2019 (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).

Amalia, F. A., Gunawan, A. I., & Wibisono, N. (2021). Citra Destinasi Wisata Halal di Jepang: Wisatawan Dan Non-Wisatawan Muslim Dari Indonesia. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 17(1), 1–10.

Amina, S. (2019). Strategi Pemerintah Korea Selatan Melalui Korean Wave Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Indonesia (2010-2017) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Anugrah, C. S. (2018). Perancangan Aplikasi Wisata Halal Berbasis Android Menggunakan Metode Geolocation And Haversine Formula Menuju Jombang Halal Smart City. Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam.

Arifiyatti, M. F. (2020). Wisata Halal Trend Baru Industri Pariwisata Korea Selatan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 80-86.

Battour, M. et al. (2017). Islamic tourism: an empirical examination of travel motivation and satisfaction in Malaysia. Current Issues in Tourism, 20(1), 50-67.

Battour, M. & Ismail, M. N. (2016). Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives, 19, 150– 154.

Bogan, E. & Sarusik, M. (2019). Halal tourism: Conceptual and practical challenges. Journal of Islamic Marketing, 10(1), 87–96.

Brahmantya, A. (2021). Strategi Dan Kebijakan Pemerintah Korea Selatan Dalam Meningkatkan Industri Pariwisata Halal (2015-2020) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Carboni, M., Perelli, C. & Sistu, G. (2017). Developing tourism products in line with Islamic beliefs: some insights from Nabeul– Hammamet. Journal of North African Studies, 22(1), 87–108.

Diniati, B. T., Rafikasari, E. F., Habib, M. A., & Fahmi, M. F. (2021). Metode Penelitian Sosial, Ekonomi, dan Bisnis (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif). Tulungagung: Biru Atma Jaya.

Erni, P. & Indun, R. (2021). Sertifikasi Produk Halal Di Jepang Sebagai Bagian Dari Strategi Ekonomi Pemerintahan Shinzo Abe.

Firstantin, T. A. R. G. & Hasanah, U. (2021). Perkembangan Wisata Halal di Korea Selatan (Studi Kasus Perspektif Masyarakat Indonesia di Korea Selatan). Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 259–277.

Fitrianingrum, A. & Aruny, F. D. (2021). Analısıs Pengaruh Attıtude Toward Halal Food Sebagaı Varıabel Medıası Terhadap Penerımaan Makanan Halal Instan Jepang Di Kota Batam. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 1, No. 1, pp. 484-499).

Ikhsan, K. (2017). Strategi Pemerintah Jepang Dalam Mengembangkan Industri Pariwisata Halal Di Jepang (Doctoral dissertation, Universitas Darma Persada).

Ilham, I., Alfitri, A. & Tamsyah, I. (2021). Peluang Dan Tantangan Indonesia Dalam Perdagangan Global Industri Makanan Halal (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Jaelani, A. (2017). Halal Tourism Industry In Indonesia: Potential And Prospects. International Review of management and Marketing, 7(3), 25-34.

Jafari, J. & Scott, N. (2014). Muslim world and its tourisms. Annals of Tourism Research. Annals of Tourism Research, 44(1), 1–19.

Karjaya, L. P. (2020). Implementasi Konsep Halal Tourism Dan Konvensional Thailand Dalam Meningkatkan Foreign Direct Investment di Nusa Tenggara Barat. Indonesian Journal of Peace and Security Studies (IJPSS), 2(1), 63–89.

Khan, F. and Callanan, M. (2017). The “Halalification” of tourism. Journal of Islamic Marketing, 8(4), 558–577.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia. (2021). Potensi Pengembangan Wisata Halal di Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Potensi-Pengembangan-Wisata-Halal-di-Indonesia.

Kusumaningtyas, M. & Lestari, S. (2020). Model pengembangan makanan dan pariwisata halal di Indonesia. Media Mahardhika, 19(1), 44-49.

Maria, B. R. D. (2021). Program Kerjasama Indonesia, Malaysia, Thailand–Growth Triangle Terkait Perkembangan Wisata Halal Di Indonesia Periode 2017-2018. Moestopo Journal of International Relations, 1(2), 137–148.

May, F. A. et al. (2020). Wisata Halal Trend Baru Industri Pariwisata Korea Selatan. Jurnal Penelitian, 14(1), 153-165.

Mohsin, A., Ramli, N. & Alkhulayfi, B. A. (2016). Halal tourism: Emerging opportunities. Tourism Management Perspectives, 19, 137–143.

Murti, S. N. L. E. (2022). Halal Tourism Sebagai Strategi Jepang Dalam Meningkatkan Perekonomian Tahun 2013-2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Muttalib, A. (2019). Peranan Biro Perjalanan Wisata Dalam MengembangkanWisata Halal Di Lombok Tengah Dan Lombok Barat. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis, 1(1), 49–66.

Nugroho, L., Utami, W. & Doktoralina, C. M. (2019). Ekosistem Bisnis Wisata Halal dalam Perspektif Maqasid Syariah (Halal Tourism Business Ecosystem in the Maqasid Syariah Perspective). Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 3(2), 92.

Nurul, F. & Winoto, Y. (2022). Pemetaan bibliometrik terhadap perkembangan penelitian arsitektur informasi pada Google Scholar menggunakan VOSviewer. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(1), 43-60.

Pattah, S. H. (2013). Peranan Intermediary dalam sistem temu balik informasi. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(2), 157–166.

Poetri, T. R. L. (2019). Implementasi Pengembangan Halal tourism di Korea Selatan (Doctoral dissertation).

Putriana, R. (2019). Analisis Masyarakat Muslim dan Non Muslim Terhadap Kesiapan Destinasi Wisata Syariah di Kota Pekan Baru dan Padang. Jurnal Al-Iqtishad, 15(2), 216-245.

Rachmiatie, A. et al. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Halal Studi Kasus Implementasi Halal Hotel di Indonesia dan Thailand. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 4(1), 56–74.

Ramadhani, M. (2021). Dilema Regulasi Pariwisata Halal Di Indonesia. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(1), 89–105.

Rating, Crescent. (2019). Crescent Rating: World’s Leading Authority on Halal Travel.

Rusydiana, A. S. et al. (2021). Halal Tourism Indicators: A Bibliometric Study. Library Philosophy and Practice (e-journal), 5738.

Sari, F. K., Safitri, N. & Anggraini, W. (2019). Persepsi, Sikap dan Minat Pariwisata Halal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 2(2), 137-156.

Setyaningsih, R. P. (2022). Isu Halal Internasional dan Regional. Jurnal Kajian Wilayah, 12(1), 121–134.

Silvia, T., Nisyak, H. & Rivai, F. (2022). Strategi Pemerintah Thailand Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Melalui Penerapan Konsep Wisata Halal. (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Soewarno, N., Tjahjadi, B., & Fitriyah, M. (2021). The role of corporate social responsibility on the relationship of competitive pressure and business performance of batik industry in Central Java, Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 863-871.

Subana, M. (2005). Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono, M. P. P. (2007). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulvita, N. Z. A. (2021). Pandangan Masyarakat Jepang Di Wilayah Kansai Terhadap Islam Dan Wisata Halal Di Jepang 日本におけるイスラムとハラール観光に対する関西人の視点 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.

Wahidati, L. & Sarinastiti, E. N. (2018). Perkembangan Wisata Halal di Jepang. Jurnal Gama Societa. 1(1), 9-19.

Wijaya, T. (2013). Metodologi penelitian ekonomi dan bisnis teori dan praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yasmin, G. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Restoran Halal Rindu Kampung Di Sasang Busan Korea Selatan (Skripsi, Universitas Islam Indonesia).

Yessy, H. (2017). Potensi Industri Halal Dalam Menarik Wisatawan Muslim Mancanegara Di Jepang. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2016/2017 (No. 1, pp. 101-110). Unsada.

Yuristia, A. H. (2019). Alasan Pemerintah Thailand Mengadopsi Kebijakan Pariwisata Halal (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Zakaria, N. & Abdul-Talib, S. N. (2010). Applying Islamic Market-Oriented Cultural Model to Sensitize Startegies towards Global Customers, Competitors, and Environment. Journal of Islamic Marketing, 1(1), 51–62.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.