Abstract
Abstrak: Perkembangan ekonomi dan dorongan gaya hidup menjadikan kebutuhan masyarakat meningkat. Hal tersebut mendorong setiap keluarga untuk menambah penghasilan bulanannya dengan mencari pekerjaan lain, terutama oleh ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang. Hal tersebut mendorong perempuan di Desa Sumberagung untuk bekerja menjadi pedagang kelontong. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran perempuan pedagang kelontong dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Sumberagung Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, perspektif ekonomi islam. Dengan menggunakan Teori Motivasi dan Hierarki, metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam (indepth interview). Metode pengumpulan data melalui observasi interaktif, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer berupa wawancara bersama 13 perempuan pedagang kelontong di Desa Sumberagung. Teknik analisis data menggunakan redukasi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perempuan pedagang kelontong membantu meingkatkan kebutuhan dan kelangsungan hidup setiap keluarga. Faktor yang mempengaruhi perempuan bekerja sebagai pedagang kelontong didorong oleh kebutuhan dasar fisiologis dan kebutuhan psikis. Kebutuhan dasar fisiologis seperti kebutuhan pangan, pakaian, dan tempat tinggal menjadi motivasi utama para perempuan untuk bekerja. Selain itu, kebutuhan psikis seperti rasa aman, rasa cinta dan memiliki, harga diri, dan aktualisasi diri juga menjadi faktor penting yang mendorong pedagang kelontong perempuan untuk bekerja sebagai pedagang kelontong. Peran perempuan pedagang kelontong sejalan dengan prinsip Islam yang menekankan tauhid (keimanan), ‘adl (keadilan), nubuwwah (kenabian), khilafah (pemegang amanah), dan ma’ad (hasil). Prinsip-prinsip ini mendorong perempuan pedagang kelontong untuk bersikap jujur, adil, dan bertanggung jawab, serta menjalankan bisnis dengan cara yang halal dan beretika.
Kata Kunci: Perempuan Pedagang Kelontong; Ekonomi Keluarga; Ekonomi Islam.
Abstract: Economic development and lifestyle encouragement have increased people's needs. This encourages every family to increase their monthly income by looking for other work, especially housewives with a lot of free time. This encourages women in Sumberagung Village to work as grocery traders. The research aims to describe the role of women grocery traders in improving the family economy in Sumberagung Village, Wates District, Kediri Regency, from an Islamic economic perspective. By using motivation and hierarchy theories, the method used in this research uses qualitative methods through in-depth interviews—data collection methods through interactive observation, interviews, and documentation. The primary data source is interviews with 13 women grocery traders in Sumberagung Village. Data analysis techniques use data reduction, data exposure, and conclusions. The validity of the data is obtained by diligent observation and triangulation. The research results show that the role of women grocery traders helps improve the needs and survival of each family. Factors that influence women to work as grocery traders are driven by basic physiological needs and psychological needs. Basic physiological needs such as food, clothing, and shelter are the main motivation for women to work. Apart from that, psychological needs such as a sense of security, a sense of love and belonging, self-esteem, and self-actualization are also important factors that encourage them to work as grocery traders. Their role is in line with Islamic principles which emphasize tauhid (faith), 'adl (justice), nubuwwah (prophecy), Khilafah (trust holder), and ma'ad (results). These principles encourage them to be honest, fair, and responsible, and to conduct business in a halal and ethical manner.
Keywords: Women Grocery Traders; Family Economy; Islamic Economy.
References
Adhari, I. Z., Cahyanti, I. S., Purnamasari, N., Srirahayu, Y., Widiantini, N., Jamaludin, J., . . . Fikri, Y. T. (2021). Struktur Konseptual Ushul Fiqh. Bandung: Widina Bhakti Persada. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Adiwarman, A.A. (2016). Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: Rajawali Pers.
Anwar, M. (2014). Pengantar Kewirausahaan: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Daniswara, Nirwasita, & Habib, Muhammad Alhada Fuadilah. (2024). Kohesi Sosial dan Ekonomi Dalam Pertanian Porang di Desa Selur, Ponorogo. Juornal of Economics and Policy Studies, 5(1), 55-65
Djaali. (2023). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Febyana, H. (2022). Perempuan Buruh Tani dalam Memenuhi Kebutuhan Ekonomi Keluarga Perspektif Maqashid Syari’ah (Skripsi tidak diterbitkan). IAIN Kediri.
Habib, M. A. F., & Sutopo, S. (2024). Pembinaan UMKM dalam Aspek Komunikasi Pemasaran Sebagai Wujud Pemberdayaan Perempuan di Sekitar Kawasan Wisata Pantai. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(1), 85-100.
Hartinah, A.S., Setianingsih ,W.E., & Rozzaid,Y. (2020). Aplikasi Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Universitas Muhammadiyah Jember (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Jember.
Hasibuan, S. J., Kadir, A., & Nasution, M. H. (2018). Strategi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018. Perspektif, 7 (1), 1–5. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2519.
Hasyim, F. (2019). Hukum Dagang. Jakarta: Sinar Grafika.
Idris, A. (2016). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.
Ihromi, T.O. (1995). Kajian Wanita Dalam Pembangunan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Mahmud, Gunawan, H., Acitra, Y., & Yulianingsih, Y. (2013). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Jakarta: Akademia.
Mujahidin, Akhmad. (2007). Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Murdiana, E. 2013. Hukum Dagang Internalisasi Hukum Dagang dan Hukum Bisnis di Indonesia. Yogyakarta: Idea Sejahtera.
Permatasari, N., & Pitoyo, A.J. (2014). Perubahan Kesempatan Kerja Perempuan di Jawa Tengah 2007, 2009, 2011. Jurnal Bumi Indonesia, 3(1), 1-10.
Solihin, E. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: Pustaka Ellios.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sujarwati, A. 2014. Peran Perempuan dalam Perekonomian Rumah Tangga di Dusun Pantog Kulon, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sukarniati, L. (2019). Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.
Utaminingsih, A. (2017). Gender dan Wanita Karir. Malang: UB Press.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.