PENGARUH DAYA TARIK DAN HASIL REVIEW MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERKUNJUNG KE MASJID RAYA SYEIKH ZAYED SURAKARTA
Download Article (PDF)

Keywords

Review Melalui Media Sosial
Daya Tarik
Hasil Review
Keputusan Berkunjung
Pariwisata Halal

How to Cite

Nafii’ah, D., Grahesti, A., & Putri, A. (2023). PENGARUH DAYA TARIK DAN HASIL REVIEW MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERKUNJUNG KE MASJID RAYA SYEIKH ZAYED SURAKARTA. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 3(2), 112-133. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i2.8311

Abstract

Abstrak: Perkembangan tren pariwisata halal dari tahun ke tahun menjadikan daya tarik tersendiri bagi umat muslim. Indonesia dengan peringkat ke-1 pada tahun 2023 dalam pariwisata halal semakin dapat melebarkan sayapnya untuk meningkatkan potensi dari pariwisata halal yang salah satunya ialah masjid. Tujuan penelitian ini guna mengetahui adakah pengaruh daya tarik dan hasil review melalui media sosial terhadap keputusan masyarakat untuk berkunjung di Masjid Raya Syeikh Zayed Banjarsari Surakarta. Metode yang digunakan oleh penulis yaitu kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda berupa alat SPSS versi 25 dan teknik sampling berupa purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dan sekunder yang merujuk pada literatur-literatur yang relevan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan daya tarik dan hasil review berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat berkunjung ke Masjid Raya Syeikh Zayed. Sedangkan secara parsial, variabel daya tarik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk berkunjung ke Masjid Raya Syeikh Zayed. Berbeda dengan hasil review tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat berkunjung ke Masjid Raya Syeikh Zayed.

Kata kunci: Review Melalui Social Media; Daya Tarik; Hasil Review; Keputusan Berkunjung; Pariwisata Halal

 

Abstract: The development of halal tourism trends from year to year makes it a special attraction for Muslims. Indonesia, which ranks 1st in 2023 in halal tourism, can increasingly spread its wings to increase the potential for halal tourism, one of which is mosques. The aim of this research is to find out whether there is an influence of attractiveness and the results of reviews via social media on people's decisions to visit the Grand Mosque of Sheikh Zayed Banjarsari Surakarta. The method used by the author is quantitative with multiple linear regression analysis in the form of SPSS version 25 tools and a sampling technique in the form of purposive sampling. This research uses primary data obtained from the results of distributing questionnaires and secondary data which refers to relevant literature. The results of the research show that simultaneously the attraction and the results of the review have a significant influence on people's decisions to visit the Sheikh Zayed Grand Mosque. Meanwhile, partially the attractiveness variable has a significant influence on people's decisions to visit the Sheikh Zayed Grand Mosque. In contrast to the results of the review, it does not significantly influence people's decisions to visit the Sheikh Zayed Grand Mosque.

Keywords: Review Via Social Media; Attractiveness; Review Results; Decision to Visit; Halal Tourism

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i2.8311
Download Article (PDF)

References

Annur, C. M. (2022). Jumlah Pengguna Internet Global Tembus 5 Miliar Orang Pada Oktober 2022.

Aspita, R. D., & Shopian, S. (2023). Dampak Daya Tarik dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Halal Kota Padang. Economics And Business Management Journal (EBMJ), Vol. 2, No. 2. 23-32.

Chaerunissa, S. F., & Yuniningsih, T. (2020). Analisihs Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonolopo Kota Semarang. Undip E-Journal System.

Dihni, V. A. (2022). 10 Destinasi Wisata Halal Terbaik di Dunia Versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/08/destinasi-wisata-halal-terbaik-di-dunia-2022-indonesia-peringkat-ke-2

Fatmala, I. S., & Habib, M. A. F. (2023). Dampak Keberadaan Masjid Ar-Rahman Kota Blitar terhadap Kondisi Sosial-Ekonomi Pelaku Bisnis UMKM. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 4(3), 435-451.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grahesti, A., Hutami, A. S., & Rohmah, J. M. (2023). Pengaruh Akuntabilitas, Kredibilitas, dan Transparansi Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01).1421-1429.

Gusniar, A. S. (2020). Pengaruh Attractiveness, Trustworthiness, dan Expertise Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Produk Kecantikan di Youtube (Studi pada Mahasiswi di Tiga Universitas Yogyakarta). EXERO Journal of Research in Business and Economics, Vol 3, No 2, November 2020, Hal. 187-210.

Handayani, S., Khairiyansyah, & Wahyudin. (2019). Fasilitas, Akesibilitas, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Hanifah, R. D. (2020). Potensi Halal Tourism di Indonesia. Jurnal Hospitaly dan Pariwisata, 51-70.

Hutaguluh, O., Bakar, A. A., & Haddade, H. (2022). Pariwisata Halal Menurut Pandangan Al-Qur'an. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, Vol. 8 No. 2 Juli 2022 hal. 168-178.

Iskandar. (2021). Pengaruh Kredibilitas Media Sosial Terhadap Keputusan BerkunjungPada Obyek Wisata Sumbersari Bantul Kota Metro Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Followers Instagram @wisatasumsari). Digital Repository Unila.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Gramedia Widisarana.

Kemenparekraf. (2021). Potensi Pengembangan Wisata Halal di Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Potensi-Pengembangan-Wisata-Halal-di-Indonesia

Murobbi, M. N. (2023). Desa Wisata Halal: Potensi, Konsep dan Implementasinya Dalam Meningkatkan Ekonomi. Journal Of Islamic And Education, Vol 1 (1) 2023.

Mustaqim, M., & Wahyuningtiyas, N. (2022). Pengaruh Attractiveness Review Vlogger Terhadap Peningkatan Awareness Wisata halal Untuk Generasi Milenial Dengan Keputusan Berwisata Sebagai Mediator. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 7 (2), 243-252, 2022.

Nasution, A. I., Hasibuan, R. R., & Syarvina, W. (2023). Analisis Pariwisata Halal Terhadap Keputusan Wisatawan (Studi Kasus Wisata di Aceh). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 1118-1128.

Noviarita, H., Kurniawan, M., & Nurmalia, G. (2021). Analisis Halal Tourism Dalam Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(01), 302-310.

Pandjaitan, D. R. (2018). Perilaku Konsumen Indonesia Memilih Destinasi Wisata Halal. Bandar Lampung: Pusaka Media.

Prismasasti, A. (2022). Menilik Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed, Hadiah Pangeran Uni Emirat Arab. https://surakarta.go.id/?p=24635.

Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada mahasiswa FEB Universitas PGRI). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Ekonomi Kreatif, 1 (1), 18-32, 2022.

Rohmiyati, Y. (2018). Analisis Perkembangan Informasi Pada Media Sosial. UNDIP E-Journal System.

Sanusi, N. E. (2023). Optimalisasi Manajemen Masjid Dalam Upaya Meningkatkan Kemakmuran Masjid Darus Salam Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Digital Library UIN KHAS Jember.

Sayuti, M. (2023). Indonesia Peringkat Pertama Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/23/jumlah-pengguna-internet-global-tembus-5-miliar-orang-pada-oktober-2022.

Soedarso, Nurif, Muhammad, & Windiani. (2014). Potensi dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam Dengan Pendekatan Marketing Place (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 7, No. 2, November 2018. 136-149.

Sofiyanti, & Novita, D. (2021). Peran Trustworthiness, Attractiveness, Expertise Pada Minat Beli (Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram). Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sospol (Sosial Politik), Vol 4 No 2 (Juli-Desember 2018), 49-72.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryani, S., & Bustaman, N. (2021). Potensi Pengembangan Pariwisata Halal dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Daerah Provinsi Riau. Jurnal Ekonomi Kiat, Vol. 32, No.2 (2021). Hal 146-161.

Susilowati, E. (2016). Pengaruh Dana Pihak Ketiga ( DPK ), Capital Adequacy Ratio ( CAR ), dan Non Performing Financing ( NPF ) Terhadap Likuiditas Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2011-2015. Skripsi, 5(2009), 1–11.

Tanjung, A., & Panggabean, S. A. (2022). Peluang Wisata Halal Terhadap Pengembangan Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 5 No 2 (2022). 1470-1478.

Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023.

Yakup, A. P., & Haryanto, T. (2019). Pengaruh Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Bina Ekonomi Unpar, Volume 23 No 2 Tahun 2019, 39-47.

Zaman, W. K. (2019). Masjid Sebagai Pusat Dakwah Islam di Kampung (Studi Masjid Darus Sa’adah Desa Hadipolo Kec. Jekulo. Kab. Kudus). At-Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 6 no. 2, 2019.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.