TINDAKAN SOSIAL SANTRI GENERASI Z TERHADAP MAKNA ZIARAH MAKAM GUS DUR
Download Article (PDF)

Keywords

Tindakan Sosial
Santri Generasi Z
Ziarah Makam

How to Cite

Mukaromah, S., & Ramadhani, M. (2023). TINDAKAN SOSIAL SANTRI GENERASI Z TERHADAP MAKNA ZIARAH MAKAM GUS DUR. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 3(2), 98-111. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i2.8320

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tindakan ziarah makam Gus Dur yang dilakukan oleh para santri di Jombang, dimana santri yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah santri Generasi Z. Maka dari itu, melalui teori tindakan sosial oleh Max Weber, penelitian ini bertujuan untuk megetahui lebih mendalam makna dari ziarah makam Gus Dur bagi santri Generasi Z. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini diketahui bahwa bentuk tindakan sosial Generasi Z saat berziarah ke makam Gus Dur ada 4 tipe, yaitu: 1) rasional instrumental: Generasi Z berpikir secara rasional untuk mempelajari pemikiran dan prinsip-prinsip Gus Dur secara online, 2)rasional tujuan orientasi: tindakan rasional dari  ziarah makam Gus Dur yang dilakukan oleh santri Generasi Z merupakan tujuan yang sesuai dengan tradisi leluhur, 3) tindakan tradisional: ziarah makam Gus Dur yang dilakukan oleh santri Generasi Z merupakan bentuk adat-istiadat yang sudah ada sejak dulu dan dijalankan oleh santri Generasi Z secara turun-temurun, 4) tindakan afektif: ziarah makam Gus Dur yang dilakukan oleh santri Generasi Z merupakan afektif dimana santri Generasi Z menghormati Gus Dur sebagai sosok yang menginspirasi. Namun dari hasil yang diperoleh santri Generasi Z cenderung kepada tipe tindakan tradisional dan tipe tindakan afektif dalam memaknai ziarah makam Gus Dur.

Kata Kunci: Tindakan Sosial; Santri Generasi Z; Ziarah Makam

 

Abstract: This research was motivated by the act of pilgrimage to Gus Dur's grave which was carried out by students in Jombang, where the students who were subjects of this study were Generation Z students. Therefore, through the social action theory by Max Weber, this research aims to find out more deeply the meaning of visiting Gus Dur's tomb for Generation Z students. The approach used in this study is a qualitative approach with phenomenological methods. Based on the results and discussion in this study, it is known that there are 4 types of social action for Generation Z when visiting Gus Dur's grave, namely: 1) instrumental rationale: Generation Z thinks rationally to learn Gus Dur's thoughts and principles online, 2) rational goal orientation: rational action of visiting Gus Dur's tomb carried out by generation Z students is a goal that is following ancestral traditions, 3) traditional action: visiting Gus Dur's grave carried out by generation Z students is a form of customs that have existed since ancient times and carried on by generation Z students from generation to generation, 4) affective action: the pilgrimage to Gus Dur's grave which was carried out by generation Z students was affective where generation Z students respected Gus Dur as an inspiring figure. However, from the results obtained by Generation Z students, they tend to use the type of traditional action and the type of affective action in interpreting the pilgrimage to Gus Dur's grave.

Keywords: Social Action; Generation Z Students; Grave Pilgrimage

https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i2.8320
Download Article (PDF)

References

Anam, A. K. (2015). Tradisi Ziarah: Antara Spiritualitas, Dakwah dan Pariwisata. Jurnal Bimas Islam, VIII(2), 389-411.

Barton, G. (2020). Gus Dur : The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid. Yogyakarta: IRiSOD.

Erza, E. K. (2020). Analisis Kebutuhan Informasi Generasi Z dalam Akses Informasi di Media. Shaut AL-Maktabah, XII(1), 72-84.

Habib, M. A., Nisa, K. K., Fatkhullah, M., Usrah, C. A., & Budita, A. K. (2022). Sosiologi Ekonomi (Kajian Teoritis dan Contoh Penerapan). Tulungagung: Akademia Pustaka.

Jamaluddin. (2014). Tradisi Ziarah Kubur dalam Masyarakat Melayu Kuantan. Sosial Huaniora: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya, II(02), 251.

Jombang, K. (2021, Februari 27). Kabar Jombang. Retrieved Juli 17, 2021, from https://www.google.com/amp/s/kabarjombang.com/wisata/inilah-wisata-religi-ziarah-makam-di-jombang/amp /

Jombang, P. (2018, Oktober 22). BPS Pemkab Jombang. Retrieved Juli 16, 2021, from https://jombangkab.bps.go.id/statictable/2018/10/22/396/pengunjung-daya-tarik-wisata-dtw-2016-2017

Kadarusman, H. (2011). Tradisi Ziarah di Makam Aria Wangsa Goparana Dan Eyang Dalem Ranggadipa di Kabupaten Subang. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Maharani, Asmuni, A., & Sanusi, B. (2021). Studi Tindakan Sosial: Tradisi Ziarah Makam Nyi Mas Gandasari di Desa Panguragan Kabupaten Cirebon. Yaqzhan, VII(2), 230-243.

Martono, N. (2014). Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman, dan Seksualitas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad, K. H. (2019). Samudra Kezuhudan Gus Dur. Yogyakarta: DIVA Press.

Muhlis, A., & Norkholis. (2016). Analis Tindakan Sosial Max Weber dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al Bukhoori (Studi Liiving Hadis). Jurnal Living Hadis, I(2), 243-58.

Mujib, M. M. (2016). Fenomena Tradisi Ziarah Lokal dalam Masyarakat Jawa: Kontestasi Kesalehan, Identitas Keagamaan dan Komersial. Ibda: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 14(2), 205-225.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Nuryana, A., Pawito, & Utari, P. (2019, Januari). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains, 2(1), 19-24.

O, H. (2008, Juni). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, 9(1), 163-180.

Putra, A. (2020). Konsep Agama dalam Perspektif Max Weber. AL - adYan, I(1), 39-51.

Roshanbahar, N. (2016). Konstruksi Sosial Ziarah Kubur di Makam Gus Dur (Studi di Makam Pondok Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang). Surabaya: Universitas Airlangga.

Rosidah, U. F. (2012). Etnografi Ziarah Makam Sunan Ampel. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Suis. (2013). Fenomena Barakah (Tudi Konstruksi Masyarakat dalam Memaknai Makam K.H. Abdurrahman Wahid Tebu Ireng Jombang Jawa Timur). Surabaya: Program Pascasarjana.

Syam, N. (2005). Islam Pesisr. Yogyakarta: LKiS.

Wafa, M. A. (2022). Pandangan Santri Generasi Z Terhadap Perjodohan Kiai Perpektif Kafaah. Sakina: Journal of Family Studies, 6(3).

Wafa, S., & Soedarmadi, N. Y. (2021). Subjective Well Being Pada Generasi Z Santri PYTQ Remaja Kudus. Proyeksi, 16(2), 183-197.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.