أثر اللغة الأم في نطق المفردات العربية بمعهد تحفيظ القرآن " ابن كثير " للبنات جمبير سنة 2017
PDF

Keywords

Bahasa Ibu
Kosa kata bahasa Arab.

How to Cite

NURCHAYATI, S. (2018). أثر اللغة الأم في نطق المفردات العربية بمعهد تحفيظ القرآن " ابن كثير " للبنات جمبير سنة 2017. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 243-259. https://doi.org/10.21274/tadris.2018.6.2.243-259

Abstract

Abstrak

Indonesia adalah negara yang yang sangat kaya, Negara yang yang terdiri dari beribu- ribu pulau dan suku bangsa. Keberagaman suku bangsa ini menyebabkan keberagaman bahasa Daerah.  Di Indonesia ada lebih dari 250 bahasa Daerah, diantaranya bahasa Jawa, bahasa Madura, bahasa Sunda, bahasa Sasak, bahasa Bugis, bahasa Batak, bahasa Dayak, dan masih banyak lagi bahasa- bahasa Daerah yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Bahasa Daerah ini semua menjadi bahasa Ibu atau bahasa yang pertama kali dipelajari oleh seseorang, dimana dia memulai kehidupannya. Keanekaragaman bahasa daerah tentu sangat mempengaruhi bagaimana bahasa dibunyikan atau diucapkan, terlebih bila bahasa daerah itu menjadi bahasa ibu yang cenderung lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa Asing atau sebagai bahasa Target keberagaman bahasa Daerah atau bahasa Ibu mempengaruhi pelafatan kosa kata dalam bahasa Arab. Namun pengaruh pelafatan itu ada kalanya yang merubah arti semula dan ada yang tidak merubah arti dari kata bahasa Arab tersebut.

Bahasa Ibu, Kosa kata bahasa Arab.

 

https://doi.org/10.21274/tadris.2018.6.2.243-259
PDF

References

العربية

دكتور محمد علي الخولي، 1986. أساليب تدريس اللغة العربية، الرياض.

الأجنابية

Abrori, Muhammad Wachid. 2015. Problematika Aksen Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistic Umum: Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Delahunty, Gerald Patrick. 2010. The English Language: From Sound to Sense. Coloado: Parlor Press.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelititan Pendidikan dan Sosial (Kuantitaif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muqomati, Ahalana Darol. 2014. Analisa Kontrastif Terhadap Fonem Bahasa Arab Dan Bahasa Jawa Serta Implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Arab, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unversitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga Jogjakarta. Tidak diterbitkan.

Odden, David. 2005. Introducing Phonology. New York, Cambridge University Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_ibu

Downloads

Download data is not yet available.