Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Bahasa Arab di Madrasah Aliyah
PDF

Keywords

bahasa Arab, CIRC, kemahiran membaca

How to Cite

Udhia, I., Erlina, E., Basyori, A., & Koderi, K. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Bahasa Arab di Madrasah Aliyah. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 12(1), 27-45. https://doi.org/10.21274/tadris.2024.12.1.27-45

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemahiran membaca bahasa Arab dengan menggunakan media berbasis power point pada siswa kelas XI IPS 2 MA Ma’arif Keputran Pringsewu. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan dan efektivitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hal ini terlihat dari prestasi belajar yang meningkat menjadi 77,6% pada siklus 1 dan 88,8% pada siklus 2. Selain itu, semangat belajar bahasa Arab, kerjasama siswa dan berpikir kritis meningkat.

https://doi.org/10.21274/tadris.2024.12.1.27-45
PDF

Downloads

Download data is not yet available.