Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media video animasi channel Marhaban Academy dalam penguasaan maharah Istima’ bahasa Arab. Seiring perkembangan zaman, media pembelajaran bahasa Arab semakin berkembang. Media video animasi hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan istima' dengan cara yang menarik. Dalam pembelajaran bahasa Arab, maharah istima' melibatkan kemampuan untuk mengenali mufrodat (kosa kata), perbedaan-perbedaan bunyi bahasa (fonem) yang sesuai dengan makharijul huruf serta mengembangkan kemampuan konsentrasi melalui mendengarkan. Channel Marhaban Academy merupakan salah satu platform yang menawarkan video animasi bahasa Arab yang dikemas dengan menyenangkan melalui kartun. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan merujuk pada berbagai sumber terpercaya, seperti jurnal ilmiah, artikel, buku, dan website resmi channel Marhaban Academy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi channel Marhaban Academy memiliki potensi untuk menjadi alat yang efektif dalam membantu pelajar menguasai maharah Istima' bahasa Arab.