IMPLEMENTASI KURIKULUM BIPA (BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING) BERBASIS CULTURAL ISLAMIC STUDIES (INTERGRATED CURRICULUM) DI PERGURUAN TINGGI ISLAM
PDF

Keywords

Curriculum
BIPA
Islamic College

How to Cite

Inderasari, E., & Oktavia, W. (2019). IMPLEMENTASI KURIKULUM BIPA (BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING) BERBASIS CULTURAL ISLAMIC STUDIES (INTERGRATED CURRICULUM) DI PERGURUAN TINGGI ISLAM. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 11(1), 127-144. https://doi.org/10.21274/ls.2019.11.1.127-144

Abstract

Kurikulum merupakan susunan dan bahan kajian dan pelajaran untuk mencapai tujuan penyelenggaraan satuan pendidikan yang bersangkutan, dalam rangka upaya pencapaian tujuan penyelenggaraan satuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) berbasis cultural islamic studies (intergrated curriculum) di perguruan tinggi islam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi yang digunakan terkait secara langsung maupun tidak langsung terhadap pengembangan kurikulum di pembelajaran BIPA IAIN Surakarta dengan mengambil sampel penyusun kurikulum BIPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber, metode dan teknik. Pada tahap analisis data peneliti menggunakan model analisis reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi terhadap penelitian yang dilakukan. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan adanya (a) model dalam kurikulum berbasis cultural islamic studies (integrated curicculum) dalam pengajaran kurikulum BIPA di perguruan tinggi islam, (b) implementasi dalam kurikulum BIPA berbasis cultural islamic stuides (integrated curicculum) di perguruan tinggi Islam. (c) keunggulan dan kelemahan dalam kurikulum BIPA berbasis cultural islamic studies (integrated curicculum) di perguruan tinggi Islam.

https://doi.org/10.21274/ls.2019.11.1.127-144
PDF

References

Agustina, Rini. (2013). “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta”. (Online), https://eprints.uns.ac.id/2831/. Diakses pada 3 Oktober 2017 pukul 13.05 WIB.

Ismawati, Esti. (2012). Telaah Kurikulum dan Pengemabangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Ombak.

Karmin, Y. (2017). “Mengembangkan Kurikulum BIPA yang Ramah terhadap Pelajar”. (Online), https://www.ialf.edu/kipbipa/papers/YKarmin.doc. Diakses pada 3 Oktober 2017 pukul 15.30 WIB.

Kusuma, Emy Rizta dan Asri Ismail. (2017). “Karut-Marut dalam Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia”. (Online), https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4859. Diakses pada 3 Oktober 2017 pukul 13.00 WIB.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudofir. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muliastuti, Liliana. (2017). Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nasution. (2008). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryosubroto. (1990). Tatalaksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo, Jimat. (2016). “Pengembangan Kurikulum Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing”. (Online), www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/.../228. Diakses pada 3 Oktober 2017 pukul 14.00 WIB.

Susilo, Muhammad Joko. (2012). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widanta I Made Rai Jaya. (2017). “Implementasi Program Immersion Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA): Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Penguasaan Bahasa Indonesia Pelajar BIPA. (Online), https://www.researchgate.net/...IMPLEMENTASI_PROGRAM_IMMERSION+BAHASA+INDONESIA+UNTUK+PENUTUR+ASING+%28BIPA%29%3A. Diakses pada 3 Oktober 2017 pukul 14.40 WIB.

Wiryokusumo, Iskandar dan Usman Mulyadi. (1988). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.

Before going to review process, all manuscripts will be checked that they are free from plagiarism practice using "Turnitin" software. If there is an indication of plagiarism, the manuscript will instantly be rejected.

Downloads

Download data is not yet available.